Selasa, 23 November 2010

ROTI UNYIL KHAS BOGOR


ROTI UNYIL KHAS BOGOR

Siapa yang tidak kenal roti unyil, penganan yang biasa dijadikan buah tangan dari Bogor. Bentuknya yang kecil, imut-imut, membuat orang ingin memakannya lebih dari satu. Di Bogor banyak toko kue yang menuliskan di papan “roti unyil” atau “roti mungil” untuk menarik pembeli. Namun menurut pengamatan Saya ada satu toko yang paling terkenal dengan roti unyilnya, yaitu toko “Venus”, yang terletak di jalan Pajajaran. Toko kue ini bisa dibilang paling terkenal dalam penjualan roti unyil dan pelanggannya pasti ratusan jumlahnya. Hal menarik yang Saya perhatikan adalah di balik nuansa tradisional, toko kue “Venus” tetap menempatkan pelanggan sebagai raja.


Faktor yang bisa dikendalikan:

· macam-macam rasa yang di sajikan oleh usaha roti unyil tersebut bisa di buat seperti: roti unyil dengan isi sosis, roti unyil lapis coklat dan keju, roti unyil lapis daging asap, roti unyil lapis jagung, roti unyil roklat isi krim vanilla, roti unyil lapis abon, roti unyil isi kelapa, roti unyil bertabur coklat meses, dan roti unyil lainnya. Cita rasa roti unyil disesuaikan dengan selera pasar yang sedang “happening“.

· Karyawan yang sudah memiliki kemampuan untuk mengolah roti unyil tersebut menjadi sebuah roti yang cukup enak, sehingga para konsumen akan percaya akan kualitas kerja para karyawan roti unyil tersebut

  • Gaji sesuai dengan tingkat kerja dalam waktu memproduksi Roti Unyil yang di tentukan seperti kerja tmbahan di luar jam kerja
  • bahan-bahan baku yang telah tersedia sehingga dalam produksi Roti ini bisa di kendalikan dengan ke stabilan sehingga tetap berjalan sesuai kapasitas yang telah di tentukan Usaha tersebut.

Faktor yang tida bisa dikendalikan:

  • seperti adanya mati lampu sehingga usaha roti unyil tersebut mengalami hambatan, karna jika tidak ada daya listrik maka usaha roti unyil tersebut tidak dapat menghidupkan alat yang di sebut Mikrowive (Mesin Open).
  • Ekonomi adanya krisis global yang memaksakan bahan baku untuk membuat Roti Unyil Seperti Gula pasir,kuning telur,mentega,susu bubuk,ragi instant,garam halus yang harganya cukup mahal sehingga adanya sebuah kenaikan dalam harga jual untuk mengimbangi pendapatan tentang produksi penjualan Roti Unyil ini sehingga konsumen berkurang membeli kerupuk ini karena mahalnya tingkat harga yang di tawarkan.
  • Adanya pembayaran pajak per tahun yang telah di tetapkan oleh pemerintah terhadap UKM Roti Unyil ini, sehingga si pengusaha tersebut harus membayar pajak pertahun dari pajak yang telah ditetapkan oleh pemerintah dengan menaiki tingkat penjualannya agar pembayaran pajak per tahunnya lancer-lancar saja tidak mengalami kendala dalam hal pembayaran pajak.

faktor pesaing dari usaha tersebut :

Dengan banyaknya pengusaha-pengusaha roti seperti Roti Bakry yang telah terkenal di Indonesia ini.Kini muncul terobosan baru yang tidak ingin kalah oleh roti bakry yaitu “ROTI UNYIL KHAS BOGOR” Dengan berbagai macam variasi yang cukup banyak seperti : roti unyil dengan isi sosis, roti unyil lapis coklat dan keju, roti unyil lapis daging asap, roti unyil lapis jagung, roti unyil roklat isi krim vanilla, roti unyil lapis abon, roti unyil isi kelapa, roti unyil bertabur coklat meses, dan roti unyil lainnya. Cita rasa roti unyil disesuaikan dengan selera pasar yang sedang “happening“. Kini usaha Roti Unyil Tersebut Siap Bersaing dengan Usaha Roti Manapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar